Tips Dan Trik Seputar Bisnis Online dan Internet Marketing

Membuat Dan Mengelola Menu di WordPress

Membuat Menu dan mengelolanya pada website WordPress sangatlah simple sekali, jika kawan tidak menggunakan fasilitas ini secara default jika kawan membuat page, maka secara otomatis WordPress menampilkan pada Menu baru page yang telah kawan buat.

Membuat-menu-di-wordpress

Tetapi bagaimanakah jika kawan ingin membuat page dan tidak mau ditampilkan pada halaman website ( Hiden Page) misalnya utuk halaman terima kasih atau untuk halaman setelah user mengirim Contact dan user mendaftar.

Selain itu bagaiamana jika ingin membuat page yang untuk link pada website yang lain ?

Untuk menyembunyikan page sebenarnya bisa menggunakan plugin Wp Hide Pages dan untuk link page kehalaman lain bisa menggunakan plugin Page Links To , tetapi jika kawan banyak menggunakan plugin maka otomatis kerja server akan semakin berat.

Untuk itu saya akan membagikan sedikit trik untuk mengelola Menu pada WordPress, supaya untuk pemakaian plugin supaya bisa dikurangi.

Baiklah kita mulai …

Pertama-tama saya mau menunjukkan halaman default Home pada WordPress, disana hanya ada Menu Home dan Sample Page.

halaman-home

Selanjutnya buka halaman Dashboard dan cari Appearance –> Menus kemudian klik.

Dashboard-Menus

Setalah masuk ke Menus, buat Menu Names baru yang akan dipakai sebagai menu dan beri nama Menu Utama atau terserah anda kemudian klik  Create Menu.

Create-Menu

Untuk menentukan sebagai Menu Utama pada themes anda maka tentukan pada Themes Location, pilih pada Drop Down lalu setelah ketemu klik Save.

Theme-Locations

Sekarang kawan tinggal memasukkan Menu yang akan ditampilkan pada halaman website, geser agak kebawah Theme Locations cari page yang akan ditampilkan. Pilih View All.

Untuk menampilkan bisa mencentang pada pilihan page dan jika tidak ingin menampilkan page yang dimaksud jangan dicentang, jika ingin menampilkan semua pilih pilihan Select All.

Setelah selesai memilih page yang akan dibuat menu , klik Add to  Menu.

Page Add to menu

Nah…sudah muncul untuk menunya

Menu Page

Untuk Categories pun bisa ditampilkan sebagai Menu, geser agak kebawah Pages ada Categories.

Sama seperti page, pilih tab View All untu menampilkan seluruh categories, selanjutnya pilih menu untuk ditampilkan, jika ingin semua ditampilkan centang semua ( Select All ).

Setelah itu jangan lupa klik Add to Menu.

Categories menu

Oh ya…! Jjika seluruh Page maupun Categories dibuat sebaris maka akan sangat panjang, untuk menghemat tempat dan membuat tampilan semakin bagus maka menu mesti dibuat sistem dropdown dimana kawan pilih sebagai menu dan secondary menu.

Caranya sangat simple dan mudah, kawan tinggal drag untuk dibuat secondary menu ke menu utamanya lihat gambar bawah :

Drag secondary menu

Pada menu yang sudah saya beri tanda kotak merah dipakai sebagai Secondary Menu yang akan tampil jika mouse ditaruh diatas menu .

Kawan tinggal memilih mana yang akan dipakai sebagai Secondary Menu dan drag ke Menu Utamanya.

Setelah selesai semua jangan lupa klik Save Menu.

Dan berikut ini hasilnya:

Drop Down Menu

Demikian cara untuk membuat Menu , Drop Down Menu dan Hiden Menu serta mengelola menu, dan jika kawan membuat page baru maka otomatis tidak akan muncul ke halaman website dan untuk memunculkannya maka kawan perlu untuk menambahkan ke menu seperti tutorial diatas.

Bagaimana tanggapannya ?


Berlangganan Artikel ?

Silahkan masukkan Email anda sekarang

Kiriman oleh : Google FeedBurner

 

 

32 Comments
  1. mantab, suwon Bro…

  2. kerenn, thanks bro

  3. terima kasi, artikel yang bagus.

    • Mmmm comme ça je ne saurais pas te dire d&orÃus;oq¹ il peut venir le problème. As-tu tout fait comme j’ai marqué sur la recette? Les ingredients sont les mêmes et les quantités aussi que j’ai utilisé?

  4. Terima kasih infonya..sangat bermanfaat..apalagi bagi saya yang baru belajar ngeblog…

  5. wew, ini yang aku cari. baru belajar wordpress nih saya

  6. Thank’s tambahan ilmunya, manfaat banget bwt aku….

  7. Pak Rudy Yth,

    hehehe, ketemu lagi nihh, gak pa2 kan? Wah, ternyata yang menurut saya sederhana ternyata bisa dibuat tutor seperti di atas ya…hehehe, jadi pengen niru kayak Pak Rudy, maksudnya buat tulisan untuk tutor walopun sederhana…Thanks Pak, bisa jadi inspirasi saya.

    http://tes.blokm.netne.net/2010/04/color-code-generator-ver-1-0-12

    Ohya pak, mampir ya kerumah pribadi saya, link ini salah satu karya saya, hehehe, pamer dikit Pak, Narcciissmee…

    Thanks,
    asanoer

  8. Bung, ngga bisa. Gimana nih?

  9. mantab thank you bro….

  10. Kenapa setelah menu selesai di buat, lalu ke pages -> view all ko Menu nya ga muncul, thank

  11. Mantap!.. mempercantik tampilan blog nih..

  12. makasih banyak infonya sangat membantu..

  13. Mantab kali ilmunya, pas kebetulan lagi cari cari… ada yang kasih info bagus. terimaksih bro! kebetulan saya baru mulai belajar ngeblog

  14. tulisan hello worldnya itu kan masih muncul, kalo livenya itu msh muncul g ya…. aa mesti diilangin

  15. Makasi, gan, tips & triknya. Tapi masih ada yang pengen saya tanyakan nih, gan. Cara membuat menu yang kalo di klik langsung menuju ke web lain itu gimana ya?
    Misalnya gini. Saya punya menu “Connect”, nah di dalam menu connect ini saya bikin menu secondary semacam Facebook, Twitter, Instagram, dll. Nah caranya biar saat kita nge-klik ‘Facebook’ bisa langsung terhubung masuk ke halaman Facebook itu gimana ya?? Mohon bantuannya, gan, makasii 🙂

  16. Terimakasih Pak ..
    sangat membantu tutorialnya..

  17. Pak, mohon pencerahannya. Main menu organisasi kami hilang entah kenapa. Yang hanya tampil itu sub menu saja. Bagaimana caranya supaya menu utama tersebut bisa tampil kembali ya pak? Thanks

  18. Halo pa rudy… klo pengen bikin menu kyk jual sprei gitu pake plugin ya..? jd begitu di klik masuk ke website yg lain. Mohon pencerahannya… Thx

  19. Nggak perlu mas…pake fasilitas Link aja

  20. om rudy kalau misalnya saya mempunya main page dan sub page seperti ini

    Bisnis (main page)
    -Ayam
    -Sapi
    -Domba
    nah saya ingin bagian main page tidak bisa di klik atau pindah ke page lagin (karena apabila diklik main pagenya tulisan artikel saya jadi tidak terkategori alias nyampur antara ayam, sapi dan domba)

    • Kalau gitu nggak usah bikin page, cukup bikin menu aja menggunakan yang Link, nanti linknya diisi “#” aja

  21. mantap (y)
    terimakasih ilmunya 🙂

  22. Luar biasa sangat membantu dalam pembuatan website togelbbm.com berkat saran anda sekarang saya sudah punya website sendiri

  23. Concordo. Nas ultimas duas épocas, sair de casa para ir a Alvalade era quase prática de sauoiasoqdmsmo. Se Domingos acabar com isso e me der entusiasmo… já me dou por contente(na época 2011/2012 claro)!

  24. pak saya punya web dengn menu artikel sejarh, artikel kuliner, artikel teknologi dan setiap menu punya banyak artikel, gimna agar sub menu artikel yang banyk itu tidk menjadi dropdown, karena terlalu panjang kalau dropdown

Leave a Reply



*