Tips Dan Trik Seputar Jquery , CSS, PHP

Cara Setting Email Pop3/IMAPS di Microsoft Outlook 2010

Apabila mempunyai domain sendiri berikut hosting, tentunya Anda bisa membuat email sendiri yang bisa di akses melalui webmail, dan biasanya email tersebut dengan nama domain sendiri semisal punya saya nama-email@rudydevianto.com dan kadang kita malas untuk membuka email tersebut lewat kontrol panel semisal webmail, untuk itu supaya mempermudah untuk mengakses email, maka saya akan memberikan tips untuk membuka email yang sudah dibuat yang biasanya berbasis Pop3 atau IMAPS, untuk di setting melalui Microsot Outlook 2010.

Disini saya tidak perlu menjabarkan tentang cara membuat email di hosting, dan biasanya kontrol panel menggunakan cPanel yang paling populer, dan tentunya saya anggap semua sudah bisa membuat email tersebut, apabila masih binggung saya ada link untuk dipelajari tentang Cara Membuat Email di cPanel.

Mari kita masuk ke materi utama yaitu cara Setting Email Pop3 di Microsoft Outlook 2010 dan jika membuka Outlook 2010 yang belum di setting sama sekali maka Anda akan menjumpai berikut ini yaitu diminta untuk membuat New Account :

Silahkan pilih Manually Configure Server Settings karena kita akan melakukan setting terhadap server, kemudian klik Next.

add new account

Setelah itu pilih layanan email, pilih Internet e-mail, kemudian klik Next.pilih layanan Internet mail

Setelah itu Anda akan dibawa kepada setting account email, Anda disuruh mengisi.

setting-account-email

Silahkan isi sesuai dengan data email Anda, untuk namadomain.com bisa di isi dengan namadomain milik sendiri, kemudian email juga disesuaikan dengan nemail yang sudah dibuat, kemudian perlu untuk setup Port, supaya bisa sambung antara microsoft Outlook dengan server email hosting.

Klik pada More Setting, kemudian klik Advanced dan silahkan isi port sebagai berikut ini :

Catatan : Jika Outgoing 26 tidak bisa, bisa dicoba 25.

Kemudia klik OK.

Port setting

Kemudian silahkan klik Test Account Settings untuk mencoba koneksi dari Outlook ke server Hosting.

klik test account setting

Biarkan berjalan beberapa saat untuk melakukan test, dan jika sudah selesai hasilnya sukses ditandai dengan centang hijau, kemudia jika sudah selesai klik Close.

test account setting sukses

Setelah itu klik Finish.

finish setting accountSetelah selesai klik Finish, Anda sudah bisa berhasil setting email di webmail Anda di Microsoft Outlook 2010 dengan ditandai email pertama dari Microsoft Outlook seperti gambar dibawah ini.

email dari outlook


Tentunya Andabisa mencoba cara seperti ini untuk setting email webmail yang berbasis Pop3 atau IMAPS pada Microsoft Outlook 2010, semoga bermanfaat.

 

1 Comment
  1. Kendala yang saya hadapi yaitu outgoing SMTP, saya gunakan 25 atau 26 tidak bisa. Menurut saya sih, tergantung hosting nya. saya punya 2 hosting berbeda, Lokal dan Luar Negeri. Kebetluan Yang lokal tidak support untuk outgoing 25 dan 26. sedangkan untuk yang luar, no problem at all

Leave a Reply

*