Tips Dan Trik Seputar Jquery , CSS, PHP

Cara Praktis Mengatasi PC Tidak Mau Booting

Kemarin lusa ditempat saya PLN mati beberapa kali, singkat kata terjadi “byar pet” dan ketika itu PC saya dalam posisi menyala, dan ketika listrik sudah menyala normal dan saya mau start, mendadak PC tidak mau Booting, dan pada monitor hanya gelap hitam, terjadi keresahan dalam hati saya dan saya teringat ketika saya membaca beberapa artikel di salah satu majalah komputer bagaimana mengatasi komputer yang tidak mau booting.

Dalam benak saya pertama kali adalah apakah Hardisk saya nggak rusak, karena saya pernah mengalami hardisk rusak dan semua data tidak bisa diselamatkan, saya akhirnya mengecek hardisk saya pada laptop dengan menggunakan kabel konektor yang merubah soket Sata ke USB.

Lalu saya tancapkan soket tersebut ke Laptop dan…Puji Tuhan ternyata Hardisk saya selamat dan bisa di Akses di Laptop, berarti data saya selamat.

Berikut gambar konektor yang saya gunakan

conector-sata-to-usb

Lalu saya kembalikan ke dalam PC dan saya coba start lagi, namun tetap PC nggak mau Booting, saya mencoba mengingat-ingat artikel tersebut dan akhirnya saya mencoba apakah ada hardware yang rusak.

Saya cek satu persatu, mulai dari CPU, Memori, VGA Card, Power Supply ternyata semua OK, tinggal Motherboard dan saya mencoba browsing dan membaca beberapa artikel dan dalam artikel yang saya baca, jika memang tidak bisa booting bisa di artikan Motherboard bermasalah atau rusak.

Saya berpikir bahwa saya perlu beli motherboard baru untuk mengganti yang rusak, dan saya browsing mencari harga Motherboard yang berada di kisaran 500ribu sampai 600 ribu untuk harga termurah, wah..lumayan juga.

Akhirnya saya mencoba membaca artikel disalah satu tabloid PC, yang disana sebelum membeli Motherboard baru terlebih dahulu untuk mereset Bios Motherboard salah satu caranya termudah adalah melepas baterai CMOS pada Motherboard.

Akhirnya saya memberanikan diri untuk membongkar PC saya dan bermaksud melepas baterai CMOS dari pada tidak mencoba dan kehilangan uang untuk membeli Motherboard baru.

cmos

 

Setelah tutup PC saya buka, disana ada baterai CMOS mirip baterai mainan anak saya bulat dan pipih, saya congkel handlenya dan batere terlepas dan saya biarkan beberapa menit, oh ya sebelumnya semua kabel dari colokan listrik saya lepas semua supaya tidak ada tegangan listrik yang masuk.

Setelah terlepas, saya kembalikan seperti semula dan kabel-kabel saya pasang lagi, setelah itu saya mencoba lagi dan semua berjalan lancar, PC saya mau booting kembali dan saya tidak perlu membeli Motherboard.

Setelah PC booting berjalan, ternyata saya perlu mereset ulang waktu dan tanggal, karena ketika saya pakai membuka Internet gagal dan ada perintah untuk setting tanggal dan waktu.

Setelah saya setting tanggal dan waktu yang benar, PC saya kembali normal.

Semoga bagi Anda yang mengalami kasus sama seperti saya, bisa mencoba cara yang paling praktis mengatasi Booting PC.

 

Berlangganan Artikel ?

Silahkan masukkan Email anda sekarang

Kiriman oleh : Google FeedBurner

 

16 Comments
  1. tips tidak rumit ya Pak rudy?..
    saya berharap kejadian itu tidak menimpa PC satu-satunya karena pasti saya akan kebingungan cara atasinya :)

  2. Sebenarnya apa yg terjadi? Mengapa dengan mencabut-pasang batere mainboard bisa normal kembali?

  3. dear pak rudy, saya sangat terbantu dengan artikel bapak.
    terimakasih atas kemauan berbagi.

    salam
    ATMO

  4. Makasih banget infonya.
    Akhirnya nemu juga yang bermanfaat. :)

  5. ternyata memang mudah kalau sudah tahu caranya…

  6. wah, saya akan coba tipsnya.. karena saya mengalaminya gan :( kalo bisa gambar diperbanyak lagi sob ..

  7. pengen belajar ngerakit komputer ane gan.., jafi misalnya ada masalah bisa langsung diatasi sendiri :)

  8. makasih banyak buat infonya. saya juga mengalami hal yang sama. sebelumnya, ada yang menyarankan untuk ganti mobo, tapi ternyata cuma tinggal reet bios.

  9. Wah terimakasih , saya mengalami pc yg kejadiannya sama, dan sy coba tuh artikel, jalan deh lancar. Thank u mas.

  10. Kalau pas sudah ada gambar windowsnya tapi tidak mau masuk atau lanjut itu gimana pak? Mohon Jawabannya

    • Sepertinya bukan PC yang rusak, tetapi windows yang rusak, mesti di install ulang windows

  11. Jika BIOS ke install ulang apa akan mempengaruhi hardisk pak? Komputer saya mau nyala dan bunyi sekali. Tapi cuma sampe memory testing setelah itu hang. Apa bisa dengan cara ini juga pak? Terimakasih..

  12. makasih nambah ilmu

  13. thanks infonya, sangat bermanfaat

  14. Terima kasih pak. Sudah di praktekkan dan berhasil.

Leave a Reply

*