Tips Dan Trik Seputar Bisnis Online dan Internet Marketing

Cara Disable Auto Update Core WordPress

Baru-baru ini WordPress telah merilis versi WordPress 3.7 dan didalam WordPress yang baru ini telah ditambahkan fitur untuk Auto update core WordPress ke Versi yang baru, mungkin Anda tiba-tiba menerima email pemberitahuan misal :

Your site has updated to WordPress 3.7.1

Setelah Anda cek di web Anda, dan ternyata Website Anda telah di update secara otomatis oleh WordPress ke Versi yang terbaru, tentunya Anda kaget, karena nggak biasanya WordPress melakukan Update secara otomatis.

Memang disarankan untuk keamanan, Anda dianjurkan untuk mengupdate versi WordPress ke Versi yang terbaru, supaya celah keamanan bagi Web segera tertutupi, namun memang banyak sebagian orang yang ingin melakukan Update tidak langsung, dan menunggu beberapa saat dan melakukan update secara manual dengan klik pada notifikasi yang di dapat pada halaman Dashboard.

update-wordpressBanyak juga yang melakukan revisi dan mereka mempunyai cara masing-masing untuk melakukan update, baik dengan melakukan klik langsung, maupun melakukan upload file WordPress terbaru secara manual, supaya tidak merubah file yang sudah di rubah.

Dengan adanya update otomatis ini, tentunya bagi yang tidak merombak file WordPress tidak menjadi masalah, mungkin hanya terkendala jika Theme atau plugin yang digunakan tidak kompatible dengan versi yang terbaru dari WordPress, tetapi jika yang sudah merombak file core WordPress ini akan menjadi masalah jika semua hasil perubahan akan menjadi default dari WordPress.

Didalam WordPress 3.7 ini memang belum ada pilihan apakah mau di Auto Update atau tidak, untuk itu jika Anda akan melakukan Disable terhadap Auto Update ini, maka Anda perlu sedikit menambahkan kode baris :

define( 'WP_AUTO_UPDATE_CORE', false );

Sisipkan didalam file wp-confiq.php, maka perintah ini akan menonaktifkan Auto Update pada Wordpress, dan selanjutnya Anda hanya menerima notifikasi bahwa WordPress sudah merilis versi terbaru dan bisa melakukan update ke versi terbaru.

Namun jika tidak ingin melakukan update dan Anda tidak ingin klien menerima notifikasi, maka Anda perlu melakukan disable dan secara mudahnya bisa memasang plugin Disable WordPress Core Updates supaya WordPress tidak mengirim notifikasi lagi.

Semoga bermanfaat dan silahkan komentar Anda ditunggu pembaca lain.

Berlangganan Artikel ?

Silahkan masukkan Email anda sekarang

Kiriman oleh : Google FeedBurner

5 Comments
  1. Terimakasih Pak Rudy.
    sangat membantu banget Ebook nya,
    jadi semangat belajar

    Salam sukses pak

  2. fitur baru yang keren… pernah baca katanya sejak versi 3.7, instalasi WordPress akan dapat di-update otomatis sendiri ketika ada rilis kecil yang baru. Contohnya, WordPress akan update otomatis dari WordPress 3.7 ke 3.7.1. Auto update tidak diaktifkan secara default untuk rilis utama seperti 3.7.1 ke versi 3.8. apa benar seperti itu Pak?

  3. kalau cara disable update otomatis pada theme wp bagaimana bos?

  4. Terkadang theme tidak support pada wp terbaru, disable autoupdate wordpress dapat antisipasi.

  5. Untuk keamanan sepertinya lebih baik tetap gunakan fitur auto update. Terutama apabila blog kita banyak pengunjungnya.

Leave a Reply



*